Total Pageviews

Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit keputihan

* Penyakit Keputihan *

Keputihan adalah salah satu hal yang biasa terjadi di Miss V. Malahan keputihan merupakan mekanisme alami Miss V untuk menjaga kebersihannya. Namun jika keputihan terjadi terus-menerus dan disertai rasa gatal atau bau, tentu akan membuat Anda jadi tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tanda keputihan abnormal yang wajib Anda waspadai.
Tanda-tanda keputihan tidak normal :

- Berbau

Umumnya keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V Anda.

- Berwarna

Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

- Menimbulkan gatal

Area V Anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

- Nyeri ketika kencing

Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda. Jika Anda mengalami keputihan yang abnormal seperti contoh di atas, maka Anda wajib mewaspadainya. Serta obati sesegera mungkin entah itu dengan cara alami atau berkonsultasi ke dokter. Sebelum Anda mengunjungi ginekolog, ada baiknya Anda mengobati keputihan dengan bahan alami berikut ini seperti yang sudah dirangkum

Cara mengobati keputihan yang berlebihan secara cepat, alami, dan tradisional :

a. Kunyit

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu mengobati keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Minumlah 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan proses penyembuhan yang maksimal.


b. Biji fenugreek / klabet

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet. Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda. Caranya adalah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat selama semalaman. Lalu saring airnyakemudian minum sebelum sarapan.


c. Bawang putih

Bawang putih merupakan resep herbal turun-temurun dikarenakan mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Itulah sebabnya mengonsumsi bawang putih efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan penyebab keputihan.


d. Daun sirih

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih juga terkenal untuk dilakukan. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Sebabnya zat dalam daun sirih bersifat antibakteri dan antijamur. Cara untuk mengobati keputihan dengan daun sirih adalah dengan secara rutin meminum air rebusan sirih atau membasuh Miss V dengan air rendaman sirih.



e. Daun sambiloto

Daun sambiloto juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati keputihan secara alami. Caranya sama dengan daun sirih yaitu dengan merebus daun sambiloto dan meminum air rebusannya.


f. Delima kering

Buah delima yang ranum tidak hanya enak tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satu pengobatan rumahan yang efektif adalah bisa mengatasi keputihan pada wanita. Yang Anda perlukan adalah kulit delima kering, sementara biji delima bisa anda konsumsi.
Berikut cara membuat obat tradisional keputihan :

- Siapkan 30 gram kulit delima kering dan 30 gram sambiloto
- Kedua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc
- Setelah disaring, air rebusan diminum selagi hangat
- Minumlah secara teratur 2 kali sehari


g. Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu masalah kewanitaan karena meredam jaringan rahim dan membantu mencegah keluarnya cairan yang tidak normal.
Berikut cara menggunakan lidah buaya sebagai obat tradisional keputihan :

- Blender lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya
- Rebus bersama 30 gram sambiloto dengan air secukupnya
- Hasil rebusan diminum selagi hangat
- Minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari
Cara lain menggunakan obat herbal keputihan:
- Blender lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya
- Rebus jus lidah buaya bersama 30 gram sambiloto dan sirih dengan air secukupnya
- Setelah mendidih, gunakan air rebusan untuk membersihkan vagina dalam keadaan hangat
- Gunakan ramuan ini secara teratur 2 kali sehari.


h. Teh daun jambu biji

Obat rumahan yang bagus untuk menghentikan keputihan kuning kehijauan dengan bau busuk, atau cairan dadih seperti susu putih, adalah daun jambu biji (Psidium guajava L)
Berikut cara membuat obat herbal keputihan warna kuning :
- Rebuslah 1 liter air hingga mendidih, kemudian matikan api
- Masukan 30 gram daun jambu biji yang sudah dibersihkan ke dalam air panas
- Biarkan selama 2 hingga 5 menit, kemudian saring
- Basuhlah seluruh bagian genital mengunakan teh daun jambu biji dengan hati-hati.
- Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari
Mandi kursi yang dibuat dengan daun jambu biji efektif dalam mengobati keputihan yang disebabkan oleh Trichomoniasis dan Candidiasis. Selain itu, obat rumahan aman dan tidak menimbulkan efek samping, dan sepenuhnya aman.


i. Yoghurt

Tak disangka, minuman seperti yogurt murni atau tanpa pemanis bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Yogurt mengandung bakteri baik yang disebut probiotik, ini bermanfaat untuk kesehatan dan membantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan ragi dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2006 menemukan bahwa beberapa jenis probiotik dapat melawan beberapa ragi yang menyebabkan keputihan dan infeksi ragi vagina. Sementara penelitian lain menyebutkan bahwa yoghurt alami dapat digunakan dengan beberapa cara.
Berikut cara menggunakan yogurt sebagai obat tradisional untuk keputihan :

- Mengonsumsi yogurt alami, atau
- Mengoleskan yogurt alami ke vulva di sekitar vagina (lakukan di kamar mandi)
- Membasuh vagina dengan yogurt cair, hindari yogurt kental (lakukan di kamar mandi)
- Lakukan salah satu cara mengobati keputihan secara alami ini dengan rutin di rumah. Salah satu merk produk yogurt
j. Pisang

Selain enak, buah pisang bermanfaat sebagai obat alami untuk Miss V gatal dan mengeluarkan cairan. Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan serat pisang yang tinggi, berikut cara membuat obat herbal keputihan :

- Mengonsumsi pisang segar sebagai bagian dari makanan sehari-hari Anda secara rutin.
Untuk hasil terbaik, Anda bisa membuat pasta pisang :
- Tumbuklah daging pisang yang sudah dipisahkan dari kulitnya
- Tambahkan dua sendok makan madu, kemudian aduk hingga bercampur
- Oleskan ramuan pada area keputihan dua kali sehari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.


k. Minyak oregano

Minyak oregano yang dapat berperan sebagai obat keputihan tradisional berbeda dari minyak yang digunakan untuk memasak, yaitu Origanum marjoram. Minyak oregano yang dapat berperan sebagai obat antijamur adalah yang terbuat dari oregano liar atau Origanum vulgare yang mengandung carvacrol dan thymol. Menurut studi, bahan ini dapat memperlambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan C. albicans. Meski demikian, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki gangguan pembekuan darah, tidak disarankan mengonsumsi bahan ini, karena minyak oregano juga merupakan pengencer darah alami.


l. Minyak kelapa

Minyak kelapa diduga efektif memerangi jamur C. albicans. Minyak ini adalah minyak lemak yang didapat dari daging kelapa. Minyak ini dapat digunakan dengan mengoleskannya langsung pada area vagina. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pastikan Anda menggunakan minyak kelapa organik. Meskipun relatif aman sebagai pengobatan alternatif infeksi jamur vagina, penggunaan obat ini tidak disarankan apabila Anda memiliki alergi terhadap minyak kelapa atau sedang menggunakan pengobatan untuk keputihan.


m. Tea tree oil

Tea tree oil adalah sejenis minyak esensial yang dipercaya dapat menjaga keseimbangan flora pada vagina, serta membantu membunuh jamur, bakteri, dan virus. Tetapi penggunaan obat tradisional ini untuk mengatasi keputihan masih perlu diteliti lebih lanjut.


n. Asam borat

Sebuah penelitian menemukan bahwa asam borat yang dioleskan pada daerah vagina dapat berperan menangani infeksi pada area ini. Namun, penelitian tersebut masih membutuhkan tindak lanjut. Bahan ini merupakan antiseptik yang dapat digunakan menangani infeksi jamur yang tidak dapat sembuh oleh obat lain. Selain merupakan obat keputihan tradisional, asam borat juga bisa didapatkan dengan resep. Meski merupakan obat bebas, tapi hindari mengoleskan obat ini pada luka terbuka atau dikonsumsi oral.

Selain itu, bahan ini juga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika digunakan berlebihan, bahan ini dapat menjadi racun yang dapat menyebabkan gangguan ginjal, kegagalan akut  dari sistem sirkulasi, dan bahkan kematian. Keputihan yang berlebihan jangan dibiarkan. Sebagai langkah pertama, obati dengan bahan alami di atas. Jika keputihan tidak kunjung reda setelah menggunakan obat keputihan tradisional di atas atau jika keputihan disertai gejala-gejala seperti gatal, nyeri saat berkemih atau bersanggama, dan terdapat bau tidak sedap pada vagina segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


1 comment:

  1. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca, bila ada request bisa disampaikan dlm kolom komentar ini yah.. Tx.

    ReplyDelete