Total Pageviews

Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit stroke

* Penyakit Stroke *

Stroke merupakan gangguan pembuluh darah di otak. Penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan, kecacatan, bahkan kematian. Kebanyakan penderita stroke, 80 persen, ada di negara berkembang. Di Indonesia, stroke menjadi penyakit paling mematikan nomor dua setelah jantung. Obat herbal sering kali menjadi pilihan masyarakat untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah penyakit stroke. Akan tetapi, sebelum menggunakan obat herbal stroke sebaiknya konsultasi dan pertimbangan dari dokter terlebih dahulu.

Pengobatan medis untuk pasien stroke harus dimulai sesegera mungkin. Semakin cepat pengobatan dimulai, semakin besar pula kerusakan permanen bisa dicegah. Sebenarnya tujuan pengobatan stroke yang paling efektif adalah untuk mencegah cacat jangka panjang, serta mampu menyelamatkan nyawa. Selain dengan terapi dan obat-obatan medis, banyak orang yang juga melirik obat herbal stroke sebagai tambahan atau pelengkap dalam penyembuhan pascastroke. 

Meski demikian, sebagian besar bahan alami ini belum memiliki bukti penelitian klinis yang cukup untuk dapat menggantikan pengobatan medis yang ada. Namun jika Anda tertarik dengan pengobatan alternatif tersebut, berikut beberapa tanaman yang dianggap sebagai obat herbal stroke:

a. Bawang Putih

Sebuah penelitian yang mengungkap, konsumsi bawang putih sangat bermanfaat dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah terjadinya stroke iskemik. Salah satu jenis stroke yang terjadi karena adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah otak. Tidak hanya berguna dalam mencegah stroke iskemik, bawang putih juga baik dalam mengatasi beragam penyakit kardiovaskular, seperti sakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi.


b. Kunyit

Berdasarkan sebuah penelitian, kunyit bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol, serta membantu mencegah penyumbatan di arteri. Kemudian penelitian lain mengungkap, kunyit memengaruhi mekanisme yang melindungi dan membantu regenerasi sel-sel otak setelah stroke. Sayangnya, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan keampuhan kunyit sebagai obat herbal stroke. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan dokter apabila Anda mengonsumsi kunyit sebagai obat herbal stroke.


c. Ginseng

Ginseng bisa dibilang sebagai obat herbal yang banyak manfaat untuk mengatasi penyakit, termasuk stroke. Terdapat penelitian yang menemukan bahwa manfaat ginseng sangat baik dalam membantu meningkatkan memori pada penderita demensia ringan akibat stroke. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa menyuntikkan ginseng jenis Siberia melalui intravena dapat membantu mengobati stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Namun tentunya hal ini tidak boleh dilakukan sembarangan, karena dapat berbahaya jika tidak di bawah pengawasan dokter. 

Meski sering disebut sebagai obat herbal stroke, penting untuk diketahui bahwa sampai saat ini, bahan-bahan seperti bawang putih, kunyit, dan ginseng masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, jangan lupakan pengobatan medis yang diberikan oleh dokter. Sebagian bahan obat herbal kemungkinan mengandung zat aktif yang dapat memicu efek samping, baik ketika dikonsumsi sendiri maupun bersamaan dengan obat medis, suplemen atau obat herbal lain. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat herbal stroke sebagai salah satu solusi terapi pascastroke.


d. Sambiloto

Tanaman tradisional sambiloto yang mempunyai nama latin Andrographis Panuculata ini mempunyai manfaat dan khasiat yang begitu banyak untuk kesehatan. Salah satunya berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit stroke ringan. Sambiloto ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai efek muskarinik untuk pembuluh darah, efek pada jantung serta efek pada sel. Tidak sekedar itu, tanaman ini juga mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi, dan bersifat kholereyik.
Cara membuat ramuan tradisional untuk stroke :

- Ambil 5-7 lembar daun sambiloto segar.
- Cuci semua bahan hingga bersih.
- Seduh dengan setengah gelas air panas.
- Tambahkan sedikit madu, untuk memberikan rasa manis.
- Tunggu air seduhannya agak dingin (hangat).
- Ramuan siap diminum, (dan ramuan ini diminum 2x sehari)


e. Pisang

Pisang ini rupanya bukan merupakan buah langka atau buah yang sulit untuk di temukan. Karena, di Indonesia buah pisang ini mudah sekali untuk di temui dan di dapatkan. Selain buah pisang ini sering di manfaatkan sebagai buah pencuci mulut, khasiat buah pisang ini juga sudah tidak lagi di ragukan, karena pisang ini tergolong dalam buah tropis yang diperkaya akan kadungan kalium, sehingga buah pisang ini bisa dimanfaatkan untuk obat alami stroke. Selain pisang ini berkhasiat untuk mencegah penyakit stroke, pisang juga mampu membantu menyembuhkan kondisi pengidap stroke. 

Seperti yang di tunjukkan dari hasil penelitian, bahwa dengan memakan 3 buah pisang matang dalam sehari dapat memberikan asupan kalium yang cukup untuk melorotkan kemungkinan terjadinya penggumpalan darah dalam otak sebesar 21%. Sedangkan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh American college of cardiology menegaskan, untuk mencegah stroke, tubuh akan memerlukan 1.600 mg kalium, sementara pada buah pisang ini terdapat 500mg kalium yang berguna untuk mengencerkan pembekuan darah yang merupakan penyebab terjadinya penyakit stroke.


f. Jahe Merah

Jahe biasanya seringkali di manfaatkan sebagai jenis rempah untuk tambahan bumbu masakan, selain itu jahe ini juga kerap pula dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh. Rasa pedas yang di miliki jahe bisa membantu tubuh menjadi lebih tubuh menjadi lebih hangat dan juga memberi rasa yang nikmat dan khas di lidah. Tidak hanya itu saja, jahe ini juga dapat di jadikan sebagai obat penghilang masuk angin serta merupakan obat herbal yang mujarab untuk membantu mengobati beberapa macam penyakit, termasuk juga berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat alternatif stroke yang dimana jahe ini mengandung zat-zat yang mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. 

Selain dari pada itu, gingerol pada jahe ini juga memiliki sifat antikoagulan yang mampu menangkal terjadinya penggumpalan darah yang dimana hal tersebut merupakan faktor pemicu utama timbulnya serangan jantung dan stroke.
Cara membuat ramuan tradisional untuk stroke :

- Jahe merah 20 gram.
- Daun ceremai 20 gram.
- Daun dewa 30 gram.
- Buah mengkudu 40 gram.
- Pule pandak 20 gram.
- Cuci bersih semua bahan yang telah di sediakan.
- Potong-potong semua bahan.
- Rebus dengan empat gelas air.
- Tunggu sampe airnya mendidih dan tinggal satu setengah gelas saja.
- Saring air rebusannya dan dinginkan.
- Ramuan sudah siap diminum.
- Dosis : ramuan ini diminum 3x sehari, pada pagi, siang dan sore hari sehabis makan dan dengan takaran setengah gelas tiap 1x minum.


g. Kulit Manggis

Apakah Anda sudah tahu, bahwa kulit manggis yang selama ini sering di jadikan sebagai sampah oleh masyarakat, rupanya mengandung manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, salah satunya ialah kulit manggis ini berkhasiat untuk dijadikan sebagai pencegah sekaligus obat alami untuk menyembuhkan stroke. Hal ini dikarenakan, kulit buah manggis mengandung senyawa xanthone yakni merupakan antioksidan kuat yang amat berguna bagi kesehatan.

Kulit manggis ini sudah dari dulu di olah menjadi air rebusan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati bermacam-macam penyakit, termasuk penyakit stroke ini. Senyawa xanthone yang berada dalam kulit manggis ini terdiri dari maclurin, gertanin, A-mangostin, B-mangostin, isomangostin, garcinone A, B, C, D dan E. Fungsi dari senyawa xanthone yang ada dalam kulit manggis itu ialah untuk melawan radikal bebas dan untuk mencegah terjadinya kerusakan sel. Selain itu, kulit manggis ini juga memiliki khasiat lainnya untuk tubuh yakni mampu menaikkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa sakit, menormalkan tekanan tekanan darah, mencegah datangnya penyakit kanker serta melancarkan pencernaan.

Dengan melihat betapa banyaknya kandungan yang berada dalam kulit manggis, jadi tidak aneh lagi bila kulit manggis ini di yakini dapat menyembuhkan penyakit stroke. Selain dari pada itu kandungan antioksidan yang ada dalam kulit manggis ini juga berkemampuan untuk mengatasi pembuluh darah yang tersumbat dan mengalami penyempitan, dan juga mampu mencegah terjadinya pembuluh darah otak pecah. Maka dari itu, mengobati penyakit stroke dengan mengkonsumsi kulit manggis (baik itu berupa jus atau kulit manggis yang telah di ekstrak menjadi obat herbal) merupakan solusi terbaik yang dapat Anda pilih menjadi obat alami penyakit stroke.


h. Daun Sirsak

Daun sirsak memang tidak semenggiurkan buahnya, karena buah sirsak yang rasanya manis sedikit asam itu amat menyegarkan dan di sukai banyak orang, meski begitu Anda juga perlu tahu bahwa bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk tubuh, melainkan daunnya juga memiliki kandungan yang begitu banyak untuk kesehatan, sebab daun sirsak ini mengandung senyawa super diantaranya Annomutacina, Annohexocina, Muricoreacina, Annomuricina A, B, C dan E, Annopentocinas A, B, C, Gigantetronemina, Javoricina, Murihexocina A dan C, kandungan isoquinoline yang terdiri dari Atherospermine, Coreximine, Anonaine, Anoniine, serta kandungan lipid yang terdiri dari Asam Gentisic, CLA, Asam Stearat, Asam Lignoceric yang mampu dijadikan sebagai obat alami penyakit stroke.
Cara mengolah daun sirsak untuk obat herbal stroke sbb :

- Siapkan daun sirsak 10 helai.
- Cuci bersih semua bahan yang sudah di persiapkan.
- Rebus dengan 4 gelas air.
- Tunggu hingga airnya mendidih dan tersisa hanya 2 gelas.
- Saring air rebusan dan dinginkan.
- Air rebusan daun sirsak sudah siap diminum, (diminum 2x sehari).
Itulah beberapa macam tanaman tradisional mujarab yang mampu mengobati penyakit stroke secara alami. Semoga dengan informasi yang diberikan diatas bisa berguna dan menambah pengetahuan para pembacanya terutama untuk pengidap penyakit stroke.


0 komentar:

Post a Comment