Total Pageviews

Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit jantung

* Penyakit Jantung *

Jantung koroner merupakan salah satu keadaan yang dimana jantung tidak lagi mampu berfungsi sebagaiamana seharusnya, hal ini dikarenakan adanya otot jantung yang rusak akibat kekurangan oksigen. Dan keadaan ini terjadi disebabkan oleh adanya lemak dan kolesterol yang mengendap sehingga menyebabkan terganggunya suplai darah menuju jantung.

Gejala seperti apa sajakah yang muncul dari penyakit jantung koroner ??
- Adanya rasa nyeri dibagian dada seperti ada sesuatu yang mengganjal pada dada dan meremas-remas / disebut juga dengan istilah angina. 
- Ada perasaan seperti terbakar dibagian dada
- Sesak napas di dada.
- Mual, sering pusing.
- Mati rasa dibagian dada.
- Degup jantung tidak beraturan dan kerap sekali berdegup dengan cepat.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, mengurangi berat tubuh (bila Anda mengalami obesitas), menurunkan tekanan darah, menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan rajin berolahraga akan dapat menghindari Anda dari serangan penyakit jantung koroner. Selain dengan menjalani gaya hidup sehat, penyakit jantung koroner ini juga dapat di cegah dan di obati dengan menggunakan tanaman tradisional berkhasiat seperti yang akan di uraikan berikut ini, antara lain :

a. Kulit Manggis

Di negara iklim tropis seperti di Indonesia, manggis ini merupakan salah satu buah yang banyak di nikmati. Buah yang asalnya dari Asia ini sangat heboh di kabarkan akan segudang manfaatnya, dan yang paling utama yaitu yang terdapat pada bagian kulit buahnya yang biasanya sering di abaikan dan tidak di perdulikan. Kulit manggis ini memang salah satu kulit buah yang begitu berkhasiat untuk membantu memperbaiki kualitas kesehatan manusia yang juga bagus dan aman di konsumsi untuk segala usia. Selain itu, kulit manggis ini juga di kabarkan mampu untuk mengatasi sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit, dan salah satunya mampu digunakan untuk obat herbal jantung koroner.

Kulit buah manggis  juga mengandung xanthone yang membuahkan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Dimana radikal bebas itu berbahaya sekali untuk tubuh, sebab dapat memunculkan endapan di pembuluh darah yang nantinya dapat memicu terjadinya penyumbatan dan beresiko sekali terhadap munculnya penyakit jantung. Nah, dengan begitu antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis ini akan menangkap radikal bebas tersebut untuk di keluarkan dari dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan xanthone yang tinggi dalam kulit manggis ini juga mempunyai senyawa anti-stres sehingga dapat menyusutkan kadar stres Anda.

Senyawa xanthone juga sangat berguna bagi kesehatan kardiovaskular seperti untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, trombosis dan lain sebagainya. Xanthone ini juga bekerja untuk meluaskan pembuluh darah & membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga dengan begitu akan dapat menyusutkan tumpukan lemak yang menjadi pemicu penyakit jantung koroner. Dengan melihat betapa banyaknya kaandungan yang di miliki oleh kulit manggis, maka tak heran bila kulit manggis ini di percayai sebagai obat alami penyembuh penyakit jantung koroner.


b. Bawang Putih

Jenis rempah yang satu ini memang seringkali di gunakan untuk bahan tambahan bumbu masakan, selain itu rupanya bawang putih ini juga mempunyai manfaat lain yang begitu menakjubkan untuk tubuh. Diantaranya yaitu bawang putih ini mampu membantu mengobati penyakit jantung (tercakup jantung koroner), menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, bawang putih ini juga mempunyai sifat anti-kanker, anti-bakteri, dan juga anti-jamur. 

Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih ini juga sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan arteriosklerosis, caranya yaitu dengan memerangi oksidasi dari serum lemak. Ada juga hasil dari beberapa penelitian yang mengabarkan bahwa bawang putih mempunyai keampuhan dalam membantu melorotkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL), menjaga aliran darah untuk tetap lancar, mencegah munculnya serangan kanker, menyusutkan tekanan darah, menurunkan gula darah dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Itulah yang membuat bawang putih dapat digunakan untuk obat alami jantung koroner.


c. Temu Putih

Temu putih merupakan tanaman alami yang memiliki nama latin Curcuma Zedoaria, yang mana kunyit putih ini sudah seringkali di manfaatkan untuk menjadi obat alami untuk menyembuhkan beragam macam penyakit yang di derita oleh kalangan masyarakat di Indonesia salah satunya untuk obat tradisional jantung koroner. Tanaman ini hampir mirip dengan temulawak, dan rempah temu putih. Dan tanaman ini juga tumbuh di tanah yang lembab. Yang mana tanaman ini dapat tumbuh mencapai 0 hingga 1000 meter.

Rimpang temu putih ini juga rasanya pahit dan pedas, akan tetapi jangan salah loh, selain tanaman ini mempunyai sifat untuk menghangatkan tubuh, temu putih ini juga mempunyai khasiat yang ampuh untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Yang mana hal tersebut dikarenakan kandungan yang berada didalam rimpangnya, dan di dalam rimpang temu putih ini terkandung 1-2,5% minyak menguap dengan kandungan utama sesquiterpene.

Minyak menguap itu mengandung lebih dari 20 komponen seperti curzerenone (zedoarin) yang merupakan komponen terbesar, curcumin, curcumemone, epicurcumenol, curzerene, pyrocurcuzerenone, curcumol (curcumenol), isocurcumenol, procurcumenol, furanodiene, zederone, dehydrocurdone, furanodienone, isofuranodienone, dan curdione. Tak hanya itu, rimpang temu putih ini juga mengandung flavonoid, gum, sulfur, tepung, resin, dan sedikit lemak, serta mengandung curcumol dan curdione yang bersifat anti-kanker.

Hasil sebuah penelitian yang di lakukan dari American Institute Cancer Report (new york time) pada 1 juni 1999 dan juga oleh pakar Fakultas Farmasi / PAU Bioteknologi dan PPOT UGM Yogyakarta, mengabarkan bahwa temu putih ini tidak hanya mengandung RIP, melainkan juga mengandung :
- Zat anti-lipid peroksida yang berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner, hipertensi, asam urat dan juga diabetes.
- Zat curcumin (anti-inflamasi), zat yang satu ini berkhasiat untuk mengobati penyakit maag (asam lambung), nyeri haid, ambeien, radang hidung/polip, radang tenggorokan/amandel dan juga keputihan.


d. Daun Sirsak

Daun sirsak juga merupakan salah satu daun herbal yang sangat berkhasiat dan mempunyai banyak kegunaan untuk tubuh manusia. Salah satunya berkhasiat sebagai penyembuh beragam jenis penyakit termasuk untuk obat herbal jantung koroner. Manfaat daun sirsak sebagai obat alami untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit jantung termasuk jantung koroner telah melakukan percobaan secara klinis. Alasan daun sirsak di yakini mampu menyembuhkan penyakit jantung koroner dikarenakan daun sirsak ini mempunyai peranan dalam melancarkan peredaran darah yang terganggu, sebab daun sirsak ini bersifat vasodilator yang bisa melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

Karena, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa munculnya penyakit jantung itu di sebabkan oleh adanya gangguan aliran darah pada pembuluh darah arteri koroner, yang mengakibatkan pasokan darah yang mengangkut oksigen & nutrisi menuju jantung jadi tidak lancar. Itulah alasannya mengapa daun sirsak ini di percayai sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner.

Selain dari pada itu, hasil dari sebuah penelitian juga mengabarkan, bahwa daun sirsak mempunyai daya kerja 10.000 lebih kuat dalam menumpas dan menghambat pertumbuhan sel kanker ketimbang dengan Adriamycin (obat yang diberikan saat melakukan kemoterapi) yang biasa di pakai. Pengobatan menggunakan daun sirsak ini tidak seperti pengobatan kemoterapi, ekstrak daun sirsak ini hanya menumpas dan melenyapkan sel-sel jahat saja, tanpa merusak sel-sel yang masih sehat.

Sedangkan pengobatan kemoterapi ia akan membunuh semua sel-sel yang ada di dalam tubuh, tanpa memilih sel mana yang harus di bunuh dan sel mana yang harus di biarkan untuk tetap hidup. Untuk mengobati penyakit jantung koroner dengan daun sirsak, Anda bisa mengambil khasiatnya dengan cara merebus daun sirsak lalu meminum air rebusannya, atau juga Anda dapat mengkonsumsi daun sirsak yang sudah di ekstrak menjadi obat herbal alami yang ampuh.



0 komentar:

Post a Comment