Total Pageviews

Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit paru-paru

* Penyakit Paru-Paru *

 Jumlah penderita tuberkulosis (TB) terus bertambah. Penyakit menular ini merupakan infeksi serius yang mempengaruhi paru-paru seseorang. Bakteri yang menyebabkan TB bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan kecil yang dilepaskan ke udara melalui batuk dan bersin. Jika TB tak diobati hingga tuntas bisa berakibat fatal. TB disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, kuman yang ditularkan melalui udara dan dari satu orang ke orang lain. 

Kadang-kadang, bakteri menyebar ke organ lain dan bisa menyebabkan meningitis. Infeksi TB ini mulai meningkat pada 1985. Sebagian muncul karena HIV, virus yang menyebabkan AIDS. HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga sistem kekebalan tubuh seseorang tak bisa melawan kuman TB.

Langkah pengobatan yang dianjurkan adalah sesegera mungkin periksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat jika mengalami batuk-batuk yang tak kunjung sembuh, terlebih jika disertai dengan rasa yang tidak nyaman di dada. Sebagai obat alternatif penunjang kesembuhan, Anda bisa mengonsumsi ramuan alami sbb :

a. Daun Cocor Bebek (kalanchoe pinnata)

Daun cocor bebek sudah lama digunakan secara turun-temurun untuk menyembuhkan penyakit paru-paru secara alami karena memiliki sifat antipiretik, diuretik, ekspektoran, dan antibekteri. Untuk membuat ramuan alami ini, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut. Selain sebagai obat penyakit paru-paru (TBC), ramuan ini juga bisa digunakan untuk obat batuk biasa. Jadi sebelum membeli obat batuk, ada baiknya kita buat sendiri terlebih dahulu obat alaminya.

Bahan-bahan :

- 12 lembar daun cocor bebek;
- 2 ikat akar alang-alang;
- 1 sendok jintan hitam;
- 1 buah empu kunir putih;
- 1 genggam suket krokot.


b. Jahe

Jahe dikenal karena khasiatnya sebagai obat. Jahe juga membantu menghilangkan kelebihan lendir di paru-paru.


c. Bawang merah

Bawang merah dianjurkan untuk pengobatan beberapa infeksi paru-paru dan juga membantu dengan membersihkan lendir dan racun. Bawang merah juga sangat efisien dalam mencegah berbagai macam penyakit pada saluran pernafasan dan membersihkan jalan pernafasan.

d. Kunyit

Kunyit kaya akan vitamin dan mineral dan mengandung asam lemak omega-3 yang sempurna untuk tubuh. Ada karakteristik antiviral, antibakteri dan anticancerogenous, sehingga dapat memperkaya nutrisi sehari-hari, terutama jika seseorang menderita masalah paru-paru atau pernapasan. Hal yang harus dipersiapkan untuk membuat ramuan tiga bahan (jahe, bawang merah dan kunyit) tersebut adalah 400 gram bawang merah, 1 liter air, 400 gram madu, 2 sendok makan kunyit, dan potongan jahe seukuran jempol. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Tambahkan madu ke dalam air, panaskan api dan biarkan hangat, tanpa mendidihkannya.
- Potong bawang putih menjadi jadi empat bagian dan jahe, tambahkan ke dalam air madu.
- Ketika campuran mendidih, tambahkan kunyit dan kecilkan nyala api.
- Biarkan semua campuran mendidih hingga jumlah air berkurang menjadi setengahnya.
- Saring dan tuangkan campuran ke dalam stoples kaca biarkan selama beberapa jam.
- Ambil dua sendok teh ramuan ini setiap pagi dan sore hari dua jam setelah makan.


e. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu menyingkirkan lendir di tenggorokan Anda dan meredakan iritasi. Anda bisa melakukannya dengan cara :

- Larutkan ¼ sampai ½ sdt garam ke dalam segelas air hangat.
- Gunakan air garam tersebut untuk berkumur setidaknya selama 30 detik.
- Ulangi sebanyak tiga kali sehari.

f. Minum teh pepermint / kunyit

Teh pepermin bisa menjadi alternatif pilihan untuk meringankan iritasi dan mengeluarkan lendir-lendir yang menganggu. Hal ini dikarenakan pepermin termasuk ke dalam dekongestan (obat untuk sistem pernapasan bagian atas), antiperadangan, dan penghilang rasa sakit. Anda bisa menyeduh teh pepermin instan atau bisa juga membuatnya sendiri dari daun mint yang segar.
Cara membuat teh pepermin dari daun, yaitu :

- Cuci dan potong daun mint segar dan letakkan di cangkir atau teko.
-Tambahkan air mendidih dan diamkan selama lima menit.
- Saring dan sajikan dengan trambahan lemon, madu, atau susu sesuai selera Anda.
Selain daun mint, kunyit juga telah terbukti ampuh memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dari radang paru-paru. Oleh karena itu, mengonsumsi teh kunyit bisa membantu meringankan nyeri dada yang Anda alami. Anda bisa mengonsumsi kunyit dari teh instan yang telah tersedia atau membuatnya sendiri dari bubuk kunyit.

Pada dasarnya, minuman kafein mengandung senyawa yang disebut teofilin yang mirip dengan obat bronkodilator yaitu obat untuk memperlancar pernapasan. Konsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti teh hitam, teh hijau dan kopi dapat membantu membuka saluran udara di paru-paru yang bisa melegakan saluran napas. Efek kafein ini bisa bertahan hingga empat jam. Selain itu, menghirup aroma teh juga dapat membantu menyegarkan dan membersihkan jalur pernapasan Anda yang penuh dengan lendir.


g. Kompres dahi dengan air hangat

Salah satu gejala radang paru-paru yang terlihat ringan adalah deman. Meski hal sering dianggap penyakit tidak berbahaya, namun jika hal ini tidak mendapatkan penanganan serius maka bisa menimbulkan komplikasi. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meredakan demam adalah kompres. Anda bisa mengompres dahi untuk membantu mendinginkan suhu tubuh. Kompreslah dengan air hangat karena penggunaan air dingin justru bisa menyebabkan kedinginan akibat adanya perubahan susu dadakan antara tubuh dengan kompresan. Mengompres dengan air hangat membantu menetralisir suhu tubuh secara bertahap.

h. Omega 3

Selain jahe dan peppermint, cara membersihkan paru-paru yang cukup ampuh adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Nutrisi ini merupakan zat yang dapat membuat paru-paru lebih sehat dengan mengurangi tingkat produksi lendir yang akan mengurangi risiko gejala penyakit paru-paru. Kamu dapat menemukan omega 3 melalui makanan seafood, seperti kepiting, kerang, tuna, salmon, dan juga lobster. Tapi ingat, jangan terlalu banyak makan seafood bagi kamu yang menderita kolesterol tinggi.

i. Kalium

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kalium juga merupakan cara membersihkan paru-paru, Toppers. Hal ini karena kalium bertindak sebagai tonik pembersih yang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan organ pernapasan ini. Beberapa buah yang memiliki kandungan kalium yang banyak adalah kurma, pisang, aprikot, dan pepaya.



j. Berolahraga

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus rutin berolahraga minimal dua kali dalam seminggu. Dengan berolahraga, paru-paru akan bekerja lebih maksimal dan menormalkan pernapasan.

k. Sauna

Berikutnya, bersauna pun juga merupakan cara membersihkan paru-paru yang cukup bagus, Toppers. Hal ini karena ketika kamu bersauna, keringat yang dikeluarkan tubuhmu akan membantu menghilangkan racun yang ada di tubuhmu. Dengan ini, paru-paru juga akan merasa lebih enak karena racun tersebut telah dibuang.
Meningkatkan konsumsi kedelai juga merupakan cara membersihkan paru-paru, Toppers! Kandungan flavonoid yang terdapat pada kedelai dapat bertindak sebagai anti-peradang pada paru-paru dan juga melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker.


l. Bawang Putih

Tak hanya membuat masakan lebih enak, bawang putih juga merupakan tanaman yang punya khasiat luar biasa bagi kesehatan, salah satunya untuk paru-paru. Penelitian menyebutkan, rutin mengonsumsi bawang putih dua kali seminggu dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Ini karena bawang putih mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas, dan zat bernama allicin yang mampu mengatasi inflamasi.


m. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan B5. Bagi perokok, sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi brokoli. Sayuran ini mampu mengurangi kadar nikotin dalam tubuh, dan memulihkan kembali kebutuhan vitamin C yang hilang karena kebiasaan merokok.

n. Jauhi Rokok

Hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk membersihkan paru-paru secara alami adalah dengan menjauhi rokok itu sendiri. Memang akan sulit, tapi sedikit demi sedikit kamu akan terbiasa menghilangkan kebiasan merokok. Sebisa mungkin jauhi juga orang yang sedang merokok, Toppers. Jika kamu terpaksa berada di ruangan yang ada orang sedang merokok, usahakanlah untuk menggunakan masker.

o. Air Putih

Kebiasaan merokok dapat membuat pecandunya mengalami dehidrasi. Peneliti mengatakan, banyak mengonsumsi air putih akan membantu kamu untuk berhenti merokok dan mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh. Dengan begitu, secara perlahan nikotin dalam paru-paru terkikis bersamaan dengan berhentinya kebiasaan merokok.

0 komentar:

Post a Comment