Total Pageviews

Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit mata

* Penyakit mata *

Penyebab sakit mata biasanya terjadi disebabkan karena alergi, infeksi, atau kurangnya cairan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi kering sehingga mata terasa perih. Terlalu fokus atau memandang obyek berlebihan dan jarang mengedipkan mata bisa menyebabkan mata kering sehingga mata pedih, ini biasa terjadi jika seseorang berada atau terlalu lama di depan komputer, main game, dan nonton televisi sehingga sampai lupa berkedip. 

Dengan sering mengedipkan mata akan terjadi proses pelumasan pada bagian mata sehingga bisa menghindari kekeringan yang membuat mata merah dan nyeri. Selain faktor di atas, penyebab sakit mata bisa juga karena kurang tidur, kekurangan asupan gizi juga melemahnya sistim kekebalan tubuh atau yang kerap terjadi disebabkan sakit mata musiman bahkan menular. Sakit mata tersebut biasanya akan mewabah dan menular dari satu orang keyang lainya. Kejadian semacam ini seringkali terjadi pada satu keluarga atau kelompok yang sering berinteraksi atau sering kontak mata secara langsung. 

Penyakit mata jenis ini sering disebut penyakit belek atau belekan. Rasanya nyeri luar biasa pada sekitar area mata, pusing dan berair. Penyakit mata jenis belek akan berlangsung cukup lama sekitar dua minggu kadang sampai sebulan belum sembuh tergantung dari jenis pengobatan yang dilakukan. Apapun penyebab sakit mata, tentunya akan sangat mengganggu aktivitas ketika kita mengalaminya. Banyak yang merasa ragu melakukan cara mengobati mata karena obat tetes mata mengandung bahan kimia. Kalau begitu, cobalah beberapa obat sakit mata alami yang aman berikut ini :

a. Tawas dan air mawar

Gunakan 4 gm tawas dan campurkan ke dalam 25 gm air mawar. Gunakan 2 tetes campuran air ini 2-3 kali dalam sehari. Ini akan memberi Anda 100 % pengobatan untuk sakit mata dan mata merah. Ini adalah obat sakit mata alami terbaik dan sangat ampuh. Jika air mawar tidak tersedia maka Anda bisa menggunakan air suling atau air matang.

b. Gunakan cotton bud

Pada tahap awal sakit mata, jika Anda memiliki rasa sakit di mata kiri kemudian masukkan cotton bud di telinga kiri atau jika Anda memiliki rasa sakit di mata kanan kemudian masukkan cotton bud di telinga kanan. Jika Anda memiliki rasa sakit di kedua mata kemudian sisipkan cotton buds di kedua telinga. Ini akan memberi kelegaan dalam 2-3 jam.

c. Gunakan air triphala

Gunakan air triphala (pengobatan Ayurveda) untuk mencuci mata dua kali sehari. Untuk membuat air triphala, rendam 2 sendok makan triphala dalam air normal selama semalam. Paginya kocok air ini dengan bubuk triphala selama 2 menit lalu saring menggunakan kain bersih. Gunakan obat sakit mata alami tersebut untuk mencuci mata Anda.


d. Madu

Oleskan satu tetes madu ke dalam mata yang sakit. Jika Anda merasa terbakar dengan mata, maka jangan khawatir karena itu normal. Madu memiliki sifat pembersihan dan antibakteri alami yang melindungi mata dari penyakit.


e. Mentimun

Obat mata tradisional ini memiliki sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Ambil irisan mentimun dan masukkan ke dalam lemari pendingin selama 15 menit. Sekarang letakkan irisan ketimun di atas mata selama setidaknya 10 menit.


f. Daun Sirih

Obat mata alami lainnya yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan daun sirih, berikut caranya:

- Ambillah beberapa lembar daun sirih, cuci hingga bersih dan rebuslah dengan ditambah sedikit garam dapur hingga mendidih.
- Setelah itu angkat dari perapian dan tunggulah sampai dingin, kemudian saring menggunakan kain yang bersih.
- Gunakan air saringan tersebut untuk mencuci mata yang sakit setiap hari 3 kali, bila Anda tekun melakukannya, niscaya penyakit mata yang Anda derita akan lekas sembuh sebelum terlalu parah.


g. Ampas teh hijau

Setelah menyeduh teh hijau, jangan buang ampasnya. Ampas teh hijau bisa digunakan sebagai kompres mata untuk meredakan iritasi. Anda juga bisa merendam kapas dalam teh hijau hangat dan mengompresnya pada mata yang sakit. Ini lantaran teh hijau kaya akan kandungan bioflavonoid yang ampuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau juga mampu melawan radikal bebas atau polusi yang bisa sebabkan alergi.


h. Minyak kelapa

Kegunaan minyak kelapa untuk kulit sudah dikenal luas. Namun, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan gejala iritasi mata. Minyak kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat yang bisa melawan infeksi bakteri dan jamur penyebab iritasi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi Anda akan bekerja lebih keras untuk mengurangi iritasi. Basahi kapas dengan minyak kelapa secukupnya dan tempelkan pada kelopak mata yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Anda bisa mengompres mata dengan minya kelapa selama tiga hingga empat kali sehari.  


i. Lidah buaya

Anda bisa mengoleskan getah lidah buaya  di sekeliling mata dan pada kelopak mata yang mengalami iritasi dan biarkan meresap. Kandungan aloin dan amodin dalam lidah buaya bisa membantu meringankan mata bengkak dan gatal. Sensasi dingin dari getahnya juga akan membuat mata yang perih jadi lebih nyaman. Sebuah penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology bahkan menyebutkan bahwa bahwa ekstrak lidah buaya baik untuk meredakan infeksi di bagian mata. Jangan mengoleskan getah langsung ke permukaan mata.


j. Kunyit

Kunyit bisa mengurangi pembengkakan dan iritasi mata karena kandungan kurkumin yang tinggi. Namun, bicarakan dulu dengan dokter mata Anda sebelum mengoleskan sari kunyit pada area di sekitar mata yang sakit. Beberapa orang sensitif atau alergi terhadap kunyit. Hancurkan kunyit jadi bubuk halus dan campur ke dalam air hangat. Kemudian basahi kain lembut dengan sari kunyit tersebut. Tempelkan kain pada bagian mata yang sakit dan kompres selama beberapa menit.



1 comment:

  1. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca, bila ada request bisa disampaikan dlm kolom komentar ini yah.. Tx.

    ReplyDelete