Total Pageviews

Obat herbal untuk penyakit batuk

* Penyakit Batuk *

Batuk merupakan respons alami tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi. Penyebab batuk bisa beraneka ragam dan berkaitan erat dengan sistem pernapasan. Tingkat keparahan batuk juga berbeda-beda, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Pada artikel kali ini obat batuk herbal yang kami sampaikan untuk mengobati batuk ringan, meskipun sebagian besar batuk ringan akan sembuh dengan sendirinya. Rasa tidak nyaman akibat batuk kerap membuat banyak orang memilih untuk mengkonsumsi obat batuk, termasuk obat batuk herbal seperti dibawah ini :

a. Lemon dan Jeruk Nipis
Obat herbal yang bisa Anda gunakan sebagai obat untuk meredakan batuk secara alami adalah lemon dan jeruk nipis. Kedua bahan ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta antibakteri yang berkhasiat untuk membasmi bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Cara pemakaian :
- Peras air lemon dan jeruk nipis.
- Kemudian campur dengan 1 sendok madu dan segelas air, lalu minum.

b. Bawang Putih dan Bawang Merah
Kedua bahan dapur ini bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal. Dimana kandungan phytochemical yang terdapat di dalam bawang merah serta anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih mampu mengatasi kondisi batuk dengan sangat ampuh.

Cara pemakaian :
- Konsumsi/makan secara mentah.
- Buat sebagai jus. Meskipun rasanya tidak enak namun kedua bahan ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk.

c. Daun Seledri
Daun seledri dikenal juga ampuh untuk mengatasi batuk.

Cara pemakaian :
- Buat sebagai jus dan campur dengan 1 sendok madu.
- Konsumsi jus daun selederi setiap 3 jam sekali, maka batuk akan teratasi dengan cepat.

d. Daun Sirih
Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki daun sirih juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk dan gatal.

Cara pemakaian :
- Daun sirih direbus dg air 
- Tambahkan 1 potong jahe kemudian minum sebagai minuman pereda batuk.

e. Garam
Garam mampu mengurangi rasa gatal dan bengkak pada tenggorokan. Dimana bahan dapur yang satu ini sering digunakan sebagai obat pereda batuk alami yang aman dikonsumsi.

Cara pemakaian :
- Ambil 1 - 2 sendok garam dapur 
- Campur dengan segelas air hangat. Setelah itu gunakan sebagai minuman pereda batuk.

f. Jahe
Jahe sudah banyak digunakan sebagai obat herbal oleh banyak orang. Selain sifat anti bakteriannya, bahan tradisional ini juga dapat meningkatkan suhu dalam tubuh. Anda bisa menggunakan jahe sebagai obat batuk kering dan obat batuk berdahak dan gatal dengan membuatnya sebagai wedang jahe.

g. Daun Kemangi
Kemangi sering digunakan sebagai obat batuk yang aman dikonsumsi. Dimana mengkonsumsi jus kemangi dipercaya mampu meredakan batuk secara lebih cepat. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara merebus daun kemangi.

h. Kunyit dan Garam
Kunyit memiliki kandungan antibiotik yang mampu mengatasi terjadinya peradangan pada saluran pernafasan. Bahan ini bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi batuk kering dan berdahak.

Cara pemakaian :
- Kupas kunyit kemudian potong kecil
- Geprek potongan kunyit
- Campur dengan 1 sendok garam, setelah itu Anda bisa langsung meminumnya.

i. Ramuan Madu, Lemon, dan Biji Rami
Selain beberapa bahan alami di atas, ramuan madu, lemon dan biji rami juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk dan mengatasi masalah pada saluran pernafasan. 

Cara pemakaian :
- merebus biji rami
- Campur dengan perasan air lemon dan 1 sendok madu lalu diminum.

j. Lada Hitam
Lada hitam memiliki kandungan zat yang mampu merangsang sirkulasi udara dalam saluran pernafasan. Selain itu, bahan ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat masuknya virus dan bakteri pada tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan segelas air.

k. Asam Jawa dan Gula Merah
Asam jawa dan gula merah juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk secara alami. Dimana dua bahan ini bisa Anda manfaatkan khasiatnya untuk meredakan batuk dan rasa gatal pada tenggorokan. 

Cara pemakaian :
- Campur asam jawa dan gula merah dalam segelas air hangat
- Kemudian Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat.

l. Cabai Jawa
Bahan dapur yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai obat batuk berdahak yang tak kunjung sembuh.

Cara pemakaian :
- Tumbuk beberapa buah cabai jawa
- Campur dengan 1 sendok madu. Setelah itu Anda bisa meminumnya sebagai obat alami untuk mengatasi batuk.

m. Daun Kayu Putih
Selain berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, daun kayu putih juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat batuk alami. 

Cara pemakaian :
- Rebus beberapa daun kayu putih hingga mendidih. Setelah itu minum dalam keadaan hangat untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

n.Belimbing Wuluh
Selain bunga belimbing wuluh yang bisa dimanfaatkan, ternyata buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu tambahan dapur dan juga pereda batuk.

Cara pemakaian :
- Ambil perasan air belimbing wuluh
- Tambahkan 1 sendok garam dan segelas air, setelah itu saring dan minum 2 - 3 kali sehari.

o. Daun Peppermint
Kandungan mentol yang menyegarkan pada daun peppermint mampu meringankan tenggorokan yang gatal. Daun ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk anak-anak yang ampuh dan aman dikonsumsi.

Cara pemakaian :
- Rebus daun peppermint sampai mendidih
- Tuangkan dalam cangkir atau gelas
- Dekatkan uap rebusan daun pada hidung anak untuk dihirup. Cara ini ampuh untuk meredakan batuk kering dan berdahak baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

p. Kecap dan jeruk nipis
Satu sendok larutan kecap manis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernafas dan tenggorokan gatal. Obat turun temurun ini sudah menjadi resep orang-orang terdahulu. Kamu bisa mengonsumsinya satu sendok makan setiap setelah makan.

q. Jamu kencur
Bagi Anda yang ingin simpel dan mudah bisa langsung beli jamu kencur di tukang jamu keliling atau beli jamu kencur model kemasan kecil siap saji. Salah satu penyebab jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa setelah dikonsumsi. Jamu kencur ini juga biasa dikonsumsi oleh banyak penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara. Selain itu, kencur juga dapat melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika kita batuk.

r. Nanas
Cara lain yang bisa ditempuh dalam meredakan batuk adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu meredakan batuk dan juga mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat nanas ini.

Cara pemakaian :
- Konsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

0 komentar:

Post a Comment