Total Pageviews

Obat herbal untuk penyakit mimisan

* Penyakit Mimisan *

Mimisan adalah keadaan dimana darah keluar dari lubang hidung yang terkadang disertai rasa sakit yang disebabkan oleh pembuluh darah kecil di hidung membengkak dan pecah. Seringkali orang merasa panik saat mengalami mimisan, karena melihat darah keluar dari hidung. Alam kita telah menyediakan tumbuh-tumbuhan yang bisa mengobati mimisan dan siapapun bisa membuat resepnya. Berikut beberapa cara mengobati mimisan secara herbal :

a. Daun sirih
Sudah sejak dulu daun sirih mempunyai kegunaan yang beraneka ragam bagi kesehatan kita, diantaranya untuk mengobati hidung mimisan.


Cara pemakaian :
- Ambil dan bersihkan beberapa helai daun sirih yang agak muda. Karena daun muda masih lunak, cukup remas-remas agar getahnya keluar. 
- Setelah itu gulung sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan biasanya bentuk kerucut, lalu masukkan ke lubang hidung untuk menyumbat hidung yang mimisan.

b. Minum air daun sendok
Daun Sendok (Plantago major L.) sering dianggap sebagai tumbuhan liar. Ia tumbuh di pekarangan, perkebunan, atau hutan dan orang mengabaikannya. Padahal, tumbuhan ini memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Cara pemakaian :
- Pilih daun sendok sekitar 20 gram yang masih segar
- Tumbuk hingga halus. Setelah itu seduh atau campur dengan satu gelas air panas setelah itu dinginkan kemudian minum sekaligus.

c. Minum rebusan akar ilalang
Didalam akar alang-alang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai pengobatan dan digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.


Cara pemakaian :
- Ambil akar ilalang bersihkan, tumbuk dan peras dan untuk mendapatkan airnya.
- Kemudian minumlah air rebusan itu 1 gelas sehari. 

Cara pemakaian lain :
- Rebus akar ilalang dengan perbandingkan 10 gram akar ilalang yang dipotong-potong untuk 1 gelas air.
- Setelah mendidih tunggu hingga airnya tinggal setengah atau sekitar 1 gelas. Lalu dinginkan. Setelah itu minum satu gelas setiap haus.

d. Kompres dengan es batu
Hancurkan es batu dan bungkus menggunakan kain, handuk, atau kantong, lalu tempelkan ke hidung yang mengalami pendarahan. Ini akan menghentikan pendarahan dan meredakan peradangan dengan menenangkan pembuluh darah.

e. Cuka 
Cuka dapat menghentikan aliran darah, membersihkan hidung dan darah yang mengering.

Cara pemakaian :
- Gunakan bola kapas, celupkan pada cuka, dan letakkan pada hidung yang mengalami pendarahan. 
- Biarkan selama beberapa menit hingga pendarahan berhenti.

f. Air garam
Garam bisa Anda pakai untuk menghilangkan iritasi yang menyebabkan mimisan.

Cara pemakaian :
- Campurkan satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat, kemudian basuhkan ke hidung.




0 komentar:

Post a Comment